Jumprit


Wisata Tempat Bersejarah di Jumprit Ngadirjo Temanggung

     Jumprit merupakan lokasi wisata bersejarah peninggalan kerajaan majapahit. Terletak di Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung. Lokasi wisata jumprit juga tidak jauh dari hotel Jambuklutuk, dengan menempuh perjalanan 30 menit, anda dapat menikmati wisata jumprit ini. Harga masuk yang ditawarkan juga terjangkau, hanya Rp.5000,-

     Wisata jumprit terkenal dengan umbul atau tempat mandi yang konon tidak pernah kering ini. Pengunjung dapat mandi di umbul tersebut. Para wisatawan setelah mandi membuang celana dalam mereka sebagai simbol membuang sial sebagai tradisi di masyarakat sekitar yang sudah tumbuh sejak dahulu. Ziarah makam Ki jumprit dapat anda jumpai disini, anda dapat pula menemukan banyak kera yang konon keturunan Kera Putih Ki Dipo. Tidak hanya itu, arena track ATV menelusuri wisma perhutani juga dapat anda nikmati.

     Wisata jumprit banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya pada saat malam 1 suro yang dibarengi acara adat wisata di SendangSidukun, yaitu tradisi Suran Traji dengan aneka ritual menebar Jimat Pengantin Lurah Traji. Wisata Jumprit juga menjadi tempat suci bagi umat Budha di Indonesia. Setiap berlangsung upacara Trisuci Waisak di Candi Borobudur, air keberkahan selalu diambil dari umbul tersebut.